ramadahan 1436

Energipos.com/Listrik/Kebijakan

shadow

Wow, Pemerintah Ajak Swasta Bangun Jaringan Listrik

ENERGIPOS.COM,JAKARTA--Pemerintah akan mengajak swasta terlibat membangun jaringan listrik. Menurut Menteri ESDM Sudirman Said, langkah ini untuk mengantisipasi selesainya sejumlah pembangkit listrik baru.

“Sebagaimana pembangkit, pembangunan transmisi juga akan dikerjasamakan dengan swasta. Agar jangan sampai pembangunan pembangkitnya selesai transmisinya terlambat, ," ujar Sudirman Said di Jakarta, Rabu (15/7/2015).

Hanya saja Sudirman mengatakan pola pelibatan swasta dalam pembangunan jaringan listrik ini masih terus dilakukan kajian. Baik pola maupun hitung-hitungan lainnya. Maklum pelibatan swasta dalam jaringan listrik merupakan hal baru.

“Polanya sekarang sedang dicari yang baik bagaimana yang tidak menyalahi peraturan dan Menteri ESDM diminta menyiapkan aturannya agar tidak ada yang dilanggar,” papar Sudirman Said.

Jaringan listrik, baik transmisi maupun distribusi selama ini menjadi monopoli PT PLN. Baik investasi maupun pengelolaannya dilakukan sepenuhnya oleh BUMN listrik ini. Maklum jaringan listrik adalah nadi bisnis listrik.(mt)

Baca Juga