ramadahan 1436

Energipos.com/Listrik/Kebijakan

shadow

Nah, Kini Tarif Listrik Naik-Turun Sesuai Harga BBM dan Kurs

ENERGIPOS.COM,Jakarta--PT PLN mulai memberlakukan pola baru tarif listrik berdasarkan jenis pelanggan. Untuk pelanggan 2200 volt ampere (VA) ke atas tarifnya naik turun sesuai harga BBM dan kurs. Sedang pelanggan 220 VA ke bawah tetap.

"Penyesuaian tarif listrik untuk pelanggan di atas 2200 VA akan naik dan turun tergantung fluktuasi atau naik turunya harga BBM dan kurs Rupiah," ujar Sofyan Basir, Dirut PT PLN di kantornya, Jakarta, Rabu (22/7/2015).

Untuk itu, Sofyan mengatakan tidak menutup kemungkinan bakal menaikkan kembali tarif listrik bagi pelanggan 2200 VA ke atas. Sebaliknya jika harga BBM turun dan rupiah menguat makan tarif listrik jenis pelanggan ini bisa turun.

Hal berbeda diungkapkan Sofyan untuk pelanggan 450, 900 dan 1.300 VA. Golongan ini tidak akan mengalami kenaikan atau tetap sampai akhir tahun. Harga untuk golongan pelanggan jenis ini tetap untuk periode tertentu.

"Kalau yang 2.200 VA ke bawah, 1.300, 900 dan 450 VA akan tetap sampai akhir tahun, tapi yang di atas 2.200 ini bisa naik," ujar Sofyan Basir yang juga mantan bos BRI dan Bank Bukopin sebelum memimpin PLN.

Pola baru ini dinilai lebih adil. Sebab bisa membuat masyarakat menengah ke atas tak lagi mengonsumsi tarif listrik bersubsidi seperti terjadi selama ini. Tarif listrik bersubsidi dengan demikian semata-mata untuk masyarakat bawah.

"Mereka ada yang membuka tiga sampai empat meteran listrik, sehingga ada yang dayanya 2.700 dan 3.600. Orang-orang yang mampu sangat tidak layak memakai subsidi dari pemerintah," pungkas dia.(mt)

Baca Juga