ramadahan 1436

Energipos.com/Listrik/Proyek

shadow

Gandeng JFE, Semen Indonesia Bangun Pembangkit Listrik Ramah Lingkungan

Jakarta—Menggandeng JFE Jepang, PT Semen Indonesia Tbk memulai pembangunan pembangkit tenaga listrik di Tuban, Jawa Timur. Pembangkit ini akan menggunakan gas panas buang dengan kapasitas 30,6 MW.

“Setelah menunggu selama tiga tahun, studi proyek ini akhirnya selesai dan kami bisa berada pada posisi memulai proyek,” ujar Dwi Soetjipto, Direktur Utama PT Semen Indonesia Tbk di Jakarta, Selasa (15/7/2014). Menurut Dwi Soetjipto, pembangkit yang dibangun ini sangat ramah lingkungan. Pihaknya memilih menggandeng JFE, karena merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang energi ramah lingkungan terbaik di dunia. Proyek senilai Rp638 miliar ini akan memakan waktu konstruksi 24 bulan, dihitung semenjak pertama dibangun. Ia menargetkan, proyek ini akan beroperasi pada akhir semester II-2016. Jika beroperasi pembangkit ini berkontribusi pada program pengurangan emisi CO2 sebesar 122.358 ton setiap tahunnya.

“Kami berharap, akan mendapatkan dukungan dana dari pemerintah Jepang sebesar 20 persen dari total investasi atas upaya penurunan emisi CO2 ini,” ujarnya. Selain itu pembangunan pembangkit listrik ini akan mengurangi penggunaan listrik PLN sebesar 152 juta kWh setiap tahunnya dan penghematan biaya listrik pun, menurut dia, mencapai Rp120 miliar per tahun.(ris/dbs)

Baca Juga