ramadahan 1436

Energipos.com/Listrik/Proyek

shadow

Listrik PLN Hadir di Loa Kumbar Samarinda

ENERGIPOS.COM, SAMARINDA-Setelah menunggu sejak 1976, masyarakat dusun Loa Kumbar di Samarinda, yang selama ini menggunakan genset, akhirnya mendapatkan akses terhadap listrik PT PLN (Persero).

Sambungan PT PLN ini tentu saja merupakan kado manis bagi warga dusun menjelang peringatan ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia. Mengutip siaran pers PT PLN, Rabu (16/8), masyarakat Dusun Loa Kumbar, Kecamatan Sungai Kunjang, Samarinda kini tersuplai listrik 24 jam penuh. Dusun Loa Kumbar sebelumnya mendapatkan listrik dari genset swadaya milik warga yang disambung dengan JTR desa dengan waktu operasi selama 6 jam, mulai pukul 18.00 – 24.00 WITA.adalah dusun terakhir di Samarinda yang belum mendapat aliran listrik dari PLN. Pembangunan jaringan listrik ke Loa Kumbar rampung pada 10 Agustus 2017. Menurut Rustamadji, General Manager PLN Wilayah Kaltimra, upaya elektrifikasi pedesaan ini merupakan tantangan yang besar karena Loa Kumbar adalah salah satu dusun terisolir di Samarinda.

“Hadirnya PLN di Loa Kumbar bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat lewat listrik, baik secara perekonomian, infrastruktur dan pendidikan. Hal ini sejalan dengan slogan pemerintah untuk menumbuhkan perekonomian dan mencerdaskan kehidupan bangsa”, ujar Rustamadji

Kini, infrastruktur kelistrikan dengan total nilai investasi sebesar Rp 1,7 Miliar telah siap untuk menjadikan Loa Kumbar benderang. Dengan panjang jaringan 3,89 kilometer sirkit (kms) untuk tegangan menengah (JTM) dan 0,63 kms untuk tegangan rendah (JTR), listrik di Loa Kumbar siap melayani kebutuhan listrik bagi 87 Kepala Keluarga  (KK) yang tercatat sebagai warga disana. (rj, foto pln)

Baca Juga