ramadahan 1436

Energipos.com/Listrik/Proyek

shadow

PLN Dapatkan Komitmen Sumber Dana Bangun Pembangkit

ENERGIPOS.COM, JAKARTA- PLN memastikan sudah mendapatkan beberapa komitmen pendanaan untuk membiayai mega proyek pembangunan pembangkit listrik berkapasitas 10.000 MW dalam 5 tahun kedepan.

 

Proyek pembangunan pembangkit listrik 10.000 MW ini merupakan bagian dari mega proyek pembangkit listrik 35.000 MW yang harus diselesaikan dalam 5 tahun kedepan. Ketersediaan dana yang cukup besar atau sekitar Rp. 70 triliun merupakan salah satu prasyarat untuk memastikan proyek 10.000 MW berjalan sesuai rencana.

  

Untuk mendukung rencana ini, PLN sudah mendapatkan beberapa komitmen pendanaan antara lain dari Penyertaan Modal Negara (PMN), pinjaman dari bank-bank internasional serta  modal sendiri.

Menurut Dirut PT PLN (Persero), Sofyan Basir, PLN sudah mendapatkan komitmen pinjaman dari lembaga donor asal China, Jepang dan Eropa. “Plafon pinjaman dari bank internasional berkisar USD 1 miliar hingga USD 3 miliar dengan tenor jangka panjang” ungkap Sofian dalam keterangan kepada awak media usai acara halalbihalal keluarga besar PT PLN di Jakarta, Rabu (22/7/2015).

Untuk PMN, Pemerintah akan mengalokasikan sejumlah Rp. 5 triliun kepada PLN tahun ini. “Tahun depan, kami akan minta Rp. 8 triliun, sedangkan Rp. 2 triliun lagi diharapkan dapat diterima pada tahun 2017”, ujar Sofian (bh).

Baca Juga